Skip to main content

Mutiara ilmu dalam Kalamullah


Pembaca kitabullah yang lalai akan apa yang dibacanya, ibarat orang yang mnghadapi beberapa peti. Dalam setiap peti terdapat permata yang dikirim raja untuknya. Ada peti yang berisi yaqut merah, ada yang berisi yaqut kuning dan ada yang berisi yaqut biru. Peti-peti lain berisi zamrud dan mutiara. Yang ia lakukan hanyalah menghitung jumlah peti di hadapannya. Ia mengetahui bahwa isi peti sangat berharga, tetapi ia tidak ,menikmatinya. Itu karena matanya tertuju pada peti, bukan pada isi peti. Apa yang dilihat matanya terlihat indah oleh jiwanya. Pengetahuan tentang nilai dan mahalnya permata tidak menggerakkannya. Ia bagaikan orany yang ngantuk dan nyaris tidur.
Seandainya ia melihat isi peti dan melihat permata yang bersinar, tentu ia sangat gembira dan hatinyapun terpikat. Bila ia melihat namanya terukir di permata, kekagumannya bertambah besar. Ia semakin senang dan bahagia. Ia pun bergumam, aku mendapat tempat disisi sang Raja. Beliau mengirim permata ini untukku dengan namaku tertera diatasnya. Beliau memperkenalkan kedudukanku disisinya. Seolah-olah beliau berkata, ‘ Aku berikan semua permata ini untukmu dengan tera namamu karena kedudukanmu yang mulia disisiku serta perhatianku dan cintaku kepadamu.
Kitabullah bagaikan permata. Ia adalah kalam yang mulia. Huruf-hurufnya ditata dan dirangkai oleh Tuhan semesta alam dengan hikmah-Nya yang menjangkau hari pertemuan. Dalam diri hamba yang meresapinya, ia menjelma menjadi sebuah hikmah yang mencapai ilmu ketentuan Tuhan. Barang siapa yang meraih ilmu tersebut, ilmunya melimpah sebagaimana nabi Khidr a.s. Beliau a.s. melintasi gurun sahara, menyelami lautan dan menyebrangi daratan pelajaran dengan ilmu ketentuan Tuhan. Dalam segala hal beliau a.s. melihat kekuasaan Tuhan Yang Maha Perkasa dan Maha Gagah.

Kitabullah adalah “karya” Tuhan yang tidak mampu dan tidak akan pernah  dibuat oleh para malaikat, rasul , jin, manusia dan seluruh makhluk. Pada setiap huruf, Dia meletakkan sesuatu untuk hamba_Nya. Dia mengetahui segala kebutuhan hamba-Nya. Karena itu, Dia menyusun huruf-huruf dengan hikmah tertentu di dalamnya. Melalui huruf-hurud itu Dia berbicara kepada hamba-hamba-Nya, menyampaikan rahasia, kabar gembira, janji, dan ancaman, peringatan dan pelajaran dorongan dan rangsangan, berita tentang segala sesuatu yang telah terjadi, serta seluruh informasi tentang dunia dan akhirat.
Allah SWT berfirman: “ Andaikan manusia dan jin berkumpul untuk membuat sesuatu yang semisal dengan Al-Qur’an, sungguh mereka tidak akan sanggup membuat semisal dengannya walaupun mereka saling membahu.”
Orang yang tida memahami Al-Qur’an bimbang akan hal ini. Barangkali ada yang mengklaim “Bagaimana mungkin mereka tidak sanggup membuat yang serupa dengannya, padahal ia berbahasa Arab. Siapapun yang mau tentu bisa. Ini adalah pikiran orang yang sakit dan ucapan orang yanglinglung, yang matanya tertutup. Mereka hanya mengaku, tapi sebenarnya tidak mengenal Tuhan.
Jin dan manusia tidak mampu membuat yang serupa dengan Al-Qur’an, karena seluruh kalam yang tersusun dalam dua puluh sembilan huruf, mengandung hikamh di setiap hurufnya. Allah SWT menyingkapkan hikmah-hikmah itu kepada hamba-hamba istimewa-Nya seperti para nabi dan para wali. Barang siapa menghayatinya, ia akan mendapat cahaya yang agung. Ketika cahaya itu bersinar dalam dadanya dan ia melihat kandungan setiap huruf, ia memahami bahwa ini adalah firman Tuhan Sang Pencipta dan Pemelihara alam semesta.
Ada sebuah penjelasan dengan contoh. Misalnya firman Allah SWT :
بسم ا للهِ الر حمن ا لر حيم
Pada huruf ba’  terdapat baha’uh (keagungan-Nya), pada huruf sin terdapat sana’uh (keluhuran-Nya) dan pada huruf mim terdapat majduh (kemuliaan-Nya). Barangsiapa terdapat lentera dalam hatinyadan lentera itu menyinari dadanya, lubuknya akan melihat keagungan, keluhuran dan kemuliaan – Nya tersebut. Ia menyaksikan keagungan, keluhuran dan kemuliaan Tuhan yang berlaku di alam ini. Ia tak ubahnya seperti orang yang menghadapi sejumlah peti dan mengetahui bahwa di dalamnya terdapat permata berharga yang berkilau dan menggembirakan hati.
Gembiranya Allah atas tobat hamba-Nya
Permulaan cinta dan kegembiraan Allah SWT atas hamba-hamba-Nya dapat dilihat dari sabda Rosulullah SAW :
Allah lebih gembira dengan toba-Nya seorang hamba-Nya daripada gembiranya seorang musafir yang kehilangan tunggangannya di tengah padang pasir yang tandus dan ditunggangannya itu terdapat bekal dan barang-barangnya. Ia melihat ke kanan dan ke kiri untuk mencarinya sampai akhirnya ia putus asa. Ia bergumam “ Aku kembali saja ke tempat semula dan mati disana.” Ia pun kembali dan ternyata untanya disana beserta seluruh bekal dan barang bawaannya disana. Ia begitu gembira sehingga ia berkata kepada Allah SWT “ Engkaulah Tuhanku dan akulah hamba-Mu”. Dan ia mengucapkannya tiga kali.
Para sahabat berkomentar, “ Wahai Rosulullah, orang itu tentu amat gembira”. Rosulullah SAW bersabda “ Nah, Allah lebih gembira atas tobat hamba-Nya daripada gembiranya musafir tadi ketika menemukan  untanya”.
Kondisi awal seorang mukmin adalah kegembiraan dan cinta Allah. Inilah hal pertama yang tampak pada dirinya. Ini adalah rahasia antara Allah dan hamba-Nya.
Demikianlh halnya dengan seorang hamba. Allah telah memerintahkannya untuk menghadap-Nya, memandang kehendak-Nya,, dan mengindahkan perintah-Nya. Semestinya sang hamba berupaya untuk melakukan semua itu karena takut terhadap kemurkaan-Nya, mengagungkan segala keputusan-Nya, bersyukur atas segala nikmat-Nya, mengenal karunia-Nya, mengetahui kebaikan-Nya, melihat anugrah-Nya serta percaya akan jaminan rizki-Nya.

Comments

Popular posts from this blog

Program membuat diskon dalam c#

 Hellow... ketemu lagi... Nie kita mau berbagi contoh pemrograman berbasis objek dalam bahasa C#. Salah satu hal yang baru dalam C# adalah penggunaan Console.Write dengan Console.Writeline. kedua-duanya pada dasarnya sama yaitu meminta menampilkan output pada layar, namun yang membedakan adalah kalo writeline, tulisan yang akan ditampilkan akan diberi jarak satu baris. Bisa juga  penambahan jarak diganti dengan backslash + n (\n) using System; using System.Collections.Generic; using System.Linq; using System.Text; namespace ConsoleApplication5 {     class Program     {         static void Main( string [] args)         {         double t, d, b;         Console .Write( "Total Belanja = " );             t = double .Parse( Console .ReadLine());             if (t < 150000)             {                 d = t * 0 / 100;                 b = t - d;             Console .WriteLine( "Diskon = " + d.ToString());          

ALGORITMA PEMROGRAMAN

Delivered by FeedBurner Minggu, 13 Maret 2011 Pengenalan Algoritma dan Analisa Kasus 1.1            Definisi Algoritma Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang  disusun secara sistematis Sebagai pembanding,disini dikemukakan definisi kata algoritma menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) terbitan Balai Pustaka Tahun 1988 : Algoritma adalah urutan logis pengambilan putusan untuk pemecahan masalah 1.1.1     Struktur Dasar Algoritma Algoritma berisi langkah-langkah penyelesaian suatu masalah. Langkah-langkah tersebut dapat berupa runtunan aksi, pemilihan aksi dan pengulangan aksi. Ketiga jenis langkah tersebut membentuk konstruksi suatu algoritma. Jadi sebuah algoritma dapat dibangun dari tiga buah struktur dasar,yaitu : Runtunan ( Sequence ) Pemilihan ( Selection ) Pengulangan ( Repetition )

Mengajar itu seni (Suka duka cerita menjadi guru les)

Kini aku punya kerja part time baru,   yaitu ngajar les privat anak-anak. Setelah ngajar anak kecil berbagai usia, mulai dari TK, SD, SMP sekarang aku udah lebih kaya pengalaman dalam menangani anak-anak dengan segala problematikanya. Baru pengalaman aja sih, belum ketemu solusinya. Baru deh terasa susahnya jadi ibu guru. Mungkin dulu aku pas kecil juga kayak gitu. Mungkin guruku juga ngerasa kesulitan dalam membimbing aku. Jadi terima kasih ya ibu dan bapak guru. Nah,selain itu, hal itu tentu sangat menguntungkan bagiku, karena kan suatu saat aku juga akan menjadi ibu, so penting banget buatku untuk mulai mengetahui sifat dan karakter anak, jadi aku punya pengalaman dalam mendidik anakku sendiri nantinya. Ternyata masa kanak-kanak adalah masa emas dalam penentuan masa depan anak nantinya. Jadi penting banget bagi para ibu dan keluarga tentunya dalam membangun karakter dan kepribadian anak sejak kecil. Dari masa kanak-kanak itulah nantinya akan terbentuk apakah si anak ini n