Skip to main content

Kisah ibu Een, sebuah mimpi yang menjadi nyata tanpa terhalang keterbatasan.



A wonderful story from a disabled woman.




Sedikit saja cobaan di dalam hidup ini kerap membuat orang cepat mengeluh. Namun, lihatlah Een Sukaesih yang mendapat cobaan bertubi-tubi tapi tak terlihat ada kelelahan di wajahnya. Ibu Een, wanita 32 tahun yang sakit sejak 26 tahun yang lalu sehingga membuatnya tidak bisa bergerak jauh dari tempat tidurnya. Selama bertahun-tahun ia menjadi bedridden, terbaring lemah tanpa mampu menggerakkan kedua tangan maupun kakinya. Dunianya hanya lah seluas ruang kamarnya, langitnya hanya sebatas langit-langit kamarnya. Selama ia sakit, ibu dan kakaknyalah yang mengurusnya dengan sabar dan telaten. Memandikan, menyuapi saat makan dan mengurus segala keperluannya, karena bu Een memang tidak bisa bergerak, hanya ia masih mampu melihat indahnya dunia dan berbicara seperti orang lainnya. I can imagine, how bored her days must be. Lie down on the same room everyday. But that’s miracle and power from God that always make her be really strong...
Ia menyadari, kelumpuhannya mungkin merepotkan banyak orang. Namun ibu Een ingin penyakitnya itu tak menghentikan dirinya memberikan yang terbaik untuk banyak orang. Keterbatasan tersebut tidak menghalangi ibu Een untuk terus berkarya dan bermimpi. Mungkin dunianya hanya sebatas ruang kamarnya, namun imajinasi dan mimpinya tidak terbatas dimensi ruang. Keyakinannya mampu mendobrak segala keterbatasannya. Keyakinan hidup dalam sanubarinya dan menjadikan hidupnya bermanfaat bagi orang lain. Kisah hidupnya begitu menginspirasi. Dan mimpinya semakin  menjadi nyata saat Presiden mengunjunginya dan memberikan dukungan dalam pembangunan rumah pintar di sekitar kampungnya.
Ibu Een dulu adalah seorang mahasiswa keguruan dari UPI Bandung yang bercita-cita menjadi guru. Sebelum mimpinya terwujud, ia menderita sakit Rheumatoid arthritis (RA). Penyakit ini merupakan penyakit autoimun kronis, progresif dan melumpuhkan. Beberapa penelitian menunjukkan kalau penderita penyakit ini kebanyakan kaum wanita.
 Sampai akhirnya penyakitnya menjadikannya lumpuh. Ia tidak bisa menjadi guru, mimpinya harus kandas. Namun bu Een tidak berpikir demikian. Ia boleh menjadi lumpuh, namun otak dan pikirannya masih berkembang dan setara dengan orang normal pada umumnya. Mungkin ia mustahil untuk mejadi seorang guru di sekolah formal, namun ia tetap bisa menjadi guru. Ia tetap bisa mengajar, tanpa harus datang ke sekolah. Dan ia pun bertekad untuk mampu mengajar, sehingga menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain.
Maka ia pun mulai mengajar anak-anak tetangga di sekitar lingkungannya tentang materi pelajaran SD mulai dari matematika sampai bahasa Inggris. Ia juga membantu mereka dalam mengerjakan PR. Bu Een melakukannya dengan segala keterbatasan yang ia miliki. Ia mengajar sambil berbaring dan murid-muridnya akan membacakan soal yang ingin ditanyakan. Namun itulah yang membuat bu Een luar biasa. Meskipun dengan berbaring, namun ia bisa mengajar dengan baik. Hingga semakin bertambahlah murid-murid yang belajar kepadanya. That’s really wonderful, make me remember a Japanese girl who has the strong spirit which her book is really famous. Diary of Aya.
Cerita ibu Een menjadi sangat mahsyur ke seluruh penjuru nusantara. Ia tidak pernah mengeluh dengan keterbatasan yang ia miliki. Ia tidak menyerah saat menghadapi penghalang yang sangat berat. Kehilangan kemampuannya untuk bergerak. Ia menghadapi setiap kesulitannya dengan sabar dan ketekunan. Walau bagaimana pun kondisi yang ia hadapi. Ia bergerak, mungkin setiap orang mampu melihat pencapaian yang ia dapatkan sebagai langkah luar biasa. Namun pemcapaiannya saat ini merupakan rangkaian dari perjalanannya dan langkah-langkah kecil yang ia lakukan setiap hari dengan sabar dan tanpa kenal lelah.
Pesan apa yang  mampu kita petik dari kisah luar biasa ibu Een? Banyak, sangat banyak. Kisah ibu Een menunjukkan betapa agung dan Maha Besanya Allah. Dimana kita memiliki kemauan yang kuat dan kita terus bergerak untuk mewujudkannya, maka Allah pasti akan memberi jalan. Tidak ada produk Tuhan yang gagal. Semua ciptaan Allah yang ia ciptakan memiliki manfaat untuk saling melengkapi ciptaannya yang lain. Allah Maha Mendengar, ia selalu mendengar walau jeritan paling lirih jika ia terucap dari hati yang tulus.
Dan ibu Een mengawali pengabdiannya dengan ketulusan. Ia tidak mengharapkan materi yang besar atau imbalan lainnya. Ia melakukan segalanya dengan keikhlasan. Namun sekarang ia mampu mewujudkan mimpinya menjadi nyata. Jika kita melakukan sesuatu secara ikhlas, maka kita akan mendapatkan lebih dari yang kita bayangkan. 

 AND WHEN YOU WANT SOMETHING, ALL THE UNIVERSE CONSPIRES IN HELPPING  YOU TO ACHIEVE IT..


wRItten by : Rahma Martiana 10/2/2014

Comments

Popular posts from this blog

Program membuat diskon dalam c#

 Hellow... ketemu lagi... Nie kita mau berbagi contoh pemrograman berbasis objek dalam bahasa C#. Salah satu hal yang baru dalam C# adalah penggunaan Console.Write dengan Console.Writeline. kedua-duanya pada dasarnya sama yaitu meminta menampilkan output pada layar, namun yang membedakan adalah kalo writeline, tulisan yang akan ditampilkan akan diberi jarak satu baris. Bisa juga  penambahan jarak diganti dengan backslash + n (\n) using System; using System.Collections.Generic; using System.Linq; using System.Text; namespace ConsoleApplication5 {     class Program     {         static void Main( string [] args)         {         double t, d, b;         Console .Write( "Total Belanja = " );             t = double .Parse( Console .ReadLine());             if (t < 150000)             {                 d = t * 0 / 100;                 b = t - d;             Console .WriteLine( "Diskon = " + d.ToString());          

ALGORITMA PEMROGRAMAN

Delivered by FeedBurner Minggu, 13 Maret 2011 Pengenalan Algoritma dan Analisa Kasus 1.1            Definisi Algoritma Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang  disusun secara sistematis Sebagai pembanding,disini dikemukakan definisi kata algoritma menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) terbitan Balai Pustaka Tahun 1988 : Algoritma adalah urutan logis pengambilan putusan untuk pemecahan masalah 1.1.1     Struktur Dasar Algoritma Algoritma berisi langkah-langkah penyelesaian suatu masalah. Langkah-langkah tersebut dapat berupa runtunan aksi, pemilihan aksi dan pengulangan aksi. Ketiga jenis langkah tersebut membentuk konstruksi suatu algoritma. Jadi sebuah algoritma dapat dibangun dari tiga buah struktur dasar,yaitu : Runtunan ( Sequence ) Pemilihan ( Selection ) Pengulangan ( Repetition )

Diary of Rahma..

Musim hujan datang lagi. Bersemi kembali bunga-bunga yang dulu layu diterpa panasnya sianr mentari yang menyengat dan kini mulai mekar. Padang ilalang mulai menghijau lagi, tumbuhan mulai menengakkan kembaali batangnya dengan gagahnya. Indah. Kala musim hujan tiba, perasaanku selalu lain. Ada setangkup rasa bahagia yang menyusup di hati. Melihat hijaunya alam sekitar, melihat pepohonan yang basah. Melihat kebun yang becek, sawah yang siap untuk ditanam membuat hatiku rasanya membuncah. Tak ada gundah gulana lagi. Aku teringat masa-masa kecilku yang indah. Aku ingat masa sekolah ku yang sangat luar biasa yang selalu aku rindukan. Waktu aku kecil, aku sangat suka membaca. Sejak zaman SD aku selalu rajin ke perpustakaan. Di SD tidak bisa disebut perpustakaan, karena hanya terdapat duabuah lemari di kelas 1, dibelakang dapur. Namun aku selalu menghabiskan waktuku untuk membaca disana. Sampai aku bawa pulang dan banyak yang tidak aku kembalikan. Aku sampai masih ingat beberap