Skip to main content

LATIHAN ULANGAN UMUM KENAIKAN KELAS 7





Pilihlah jawaban yang paling tepat !


1.      Pernyataan di bawah ini yang benar adalah ….
a.       9  { bilangan prima }                      
b.      256  { bilangan kelipatan 4 }          
c.       89   { bilangan prima
d.      169 { bilangan kwadrat }

2.      N = {x | 2 ≤ x < 7, x  bilangan prima}. Banyak himpunan bagian N adalah ….
a.       64                    c.  16
b.      32                    d.  8

3.      Diketahui P = {a, b, c, d, e}. Banyaknya himpunan bagian dari P yang mempunyai tiga anggota adalah ….
a.       2                      c.  9
b.      7                      d.  10

4.      Diantara empat pasangan himpunan di bawah ini yang merupakan pasangan yang ekuivalen adalah ….
a.       {Faktor dari 4} dan {a, b, c, d}
b.      {Bilangan prima kurang dari 6} dan {a, b, c}
c.       {Bilangan cacah kelipatan 3 kurang dari 9} dan {p, q, r}
d.      {Faktor dari 10} dan {q, r, s}

5.      Jika M = {faktor dari 16} dan N = {faktor dari 44}, maka M ∩ N = ….
a.       {1, 2, 3}          c.   {1, 3, 4}
b.      {1, 2, 4}          d.   {2, 3, 4}

6.      Daerah yang menyatakan A B di bawah ini adalah ….
   a.  I
                                 b.  II dan IV
                                 c.  II, III dan IV
                                 d.  I, II, III, IV



7.      Jika A = {p, i, a, n, o} dan B = {b, i, o, l, a}, maka A B = ….
a.       {p, o, l, a, b, i, n, a}                            
b.      {p, o, l, i, b, i, n, a}    
c.       {p, a, l, b, o, n, a}
d.      {p, i, l, b, o, n, a}

8.      Dari 40 siswa kelas IX, 23 siswa gemar pelajaran Matematika, 18 siswa gemar pelajaran Bahasa Inggris dan 4 siswa tidak menggemari pelajaran Matematika maupun Bahasa Inggris. Banyak siswa yang gemar Matematika dan Bahasa Inggris adalah ….
a.       5 orang            c.   7 orang
b.      6 orang            d.   9 orang




9.      S adalah himpunan semesta. Jika n(S) = 39, n(E) = 31, n(F) = 22 dan n(EF) = 18, maka n(EF) = ….
a.       53                    c.   35
b.      37                    d.   17

10.  Dari 15 orang guru pecinta musik klasik 9 orang mahir bermain piano serta 5 orang mahir bermain piano dan biola. Guru yang mahir bermain biola adalah ….
a.       1 orang            c.   6 orang
b.      4 orang            d.   11 orang

11.  Dari sekelompok siswa, 35 siswa gemar bermain basket, 23 siswa gemar bermain volley, 9 siswa gemar bermain kedua cabang olah raga tersebut dan 7 siswa tidak menyukai keduanya. Jumlah siswa dalam kelompok tersebut adalah ….
a.       49 orang          c.   60 orang
b.      56 orang          d.   64 orang

12.  Pada gambar di samping, pasangan sudut sehadap adalah ….
a.       P1 dan Q2                       
b.      P2 dan Q3
c.       P3 dan Q3
d.      P4 dan Q2                                   

13.  Pernyataan berikut yang benar adalah ….
a.       Jumlah sudut-sudut dalam berseberangan 180°         
b.      Sudut-sudut bertolak belakang tidak sama besar
c.       Sudut-sudut luar berseberangan sama besar
d.      Jumlah dua sudut dalam sepihak 360°           
14.  Perhatikan gambar !
x dan y adalah sudut ….  
a.       Sehadap                                   
b.      Dalam berseberangan 
c.       Luar berseberangan
d.      Luar sepihak               


15.  Perhatikan gambar !
Besar sudut CBD adalah ….
a.       115°                                        
b.      35°                  
c.       25°
d.      15°                                          









           
16.  Perhatikan gambar !
Besar BOC = ….
a.       36°                                          
b.      54°      
c.       45°
d.      60°                  
     
17.  Pada dua garis sejajar bila dipotong oleh sebuah garis lurus, maka pernyataan berikut adalah benar, kecuali ….
a.       Sudut-sudut yang sehadap sama besar
b.      Sudut-sudut dalam berseberangan sama besar
c.       Sudut-sudut luar sepihak sama besar
d.      Sudut-sudut dalam sepihak berjumlah 180°

18.  Perhatikan gambar !
Jika SDC = 65°, maka ABC adalah ….
a.       115°                                        
b.      65°      
c.       18°
d.      15°                                                      

                 
19.  Perhatikan gambar !
Besar sudut  CBD adalah ….
a.       120°                                        
b.      106°
c.       92°
d.      76°                                          


20.  Perhatikan gambar !
Besar A = ….
  1. 45°                                          
  2. 55°      
  3. 65°
  4. 75°                                          

21.  Pernyataan berikut yang benar adalah ….
  1. Jumlah sudut-sudut dalam berseberangan 180°
  2. Sudut-sudut bertolak belakang tidak sama besar
  3. Sudut-sudut luar berseberangan sama besar
  4. Jumlah dua sudut dalam sepihak 360°
           
22.  Perhatikan gambar !
Besar sudut CBD adalah ….
a.       115°                                        
b.      35°                  
c.       25°
d.      15°                                          

                       







           
23.  Perhatikan gambar !
Jika nilai a = 35° dan nilai r = 70°, maka nilai p + d = ….
a.       105°                                        
b.      140°
c.       175°
d.      210°                                        
     
24.  Yang bukan sifat persegi adalah ….
a.       Semua sisi sama panjang
b.      Kedua diagonal berpotongan membentuk sudut 90°
c.       Kedua diagonalnya sama panjang
d.      Empat cara menempati bingkainya

25.  Suatu persegi ABCD diketahui kelilingnya 64 cm. Luasnya adalah ….
a.       16 cm2          c.  128 cm2
b.      32 cm2          d.  256 cm2

26.  Luas suatu persegi 36 cm2. Panjang diagonal tersebut adalah ….
a.       2 cm          c.   6 cm
b.      6 cm                d.   12 cm

27.  Perhatikan gambar, keliling segitiga PQR adalah ….
a.       29 cm
b.      41 cm
c.       70 cm
d.      210 cm

28.  Luas segitiga PQR adalah…..
a.       21 cm2            
b.      30 cm2
c.       35 cm2
d.      50 cm2


29.  Belahketupat ABCD mempunyai keliling 100 cm dan panjang salah satu diagonalnya 40 cm. Luas belahketupat tersebut adalah ….
a.       200 cm2           c.   600 cm2
b.      300 cm2           d.   1200 cm2

30.  Suatu belahketupat luasnya 96 cm2. Panjang salah satu diagonalnya 16 cm. Keliling belahketupat tersebut adalah ….
a.       24 cm              c.   40 cm
b.      32 cm             d.   48 cm

31.  Keliling suatu belahketupat 100 cm. Jika panjang salah diagonalnya 48 cm, maka luasnya adalah ….
a.       2.400 cm2        c.   336 cm2
b.      627 cm2           d.   168 cm2









32.  Luas segitiga samakaki dengan alas 10 cm dan keliling 36 cm adalah ….
a.       60 cm2          c.   120 cm2
b.      65 cm2          d.   130 cm2

33.  Perhatikan gambar !
Jika AB = 10 cm, BC = 16 cm dan BE = 8 cm, maka panjang BF adalah ….
a.       2 cm               
b.      4 cm   
c.       4,8 cm
d.      5 cm

34.  Diketahui jajargenjang ABCD, bila luas ABCD 288 cm2, panjang AB = 36 cm dan BF = 18 cm, maka keliling jajargenjang  adalah ….
a.       104 cm                       
b.      72 cm 
c.       62 cm
d.      52 cm


35.  Perhatikan gambar !
Keliling layang-layang ABCD =54cm, BC = 17 cm dan OA = 6 cm. Luas ABCD adalah ….
a.       168 cm2
b.      210 cm2
c.       336 cm2
d.      420 cm2



36.  Pada layang-layang PQRS, PR = 25 cm, SQ = 24 cmdan RT = 16 cm. Keliling PQRS adalah ….
a.       35 cm                         
b.      65 cm 
c.       70 cm
d.      130 cm


37.  Luas bangun PQRS adalah ….
a.       128 cm2          
b.      144 cm2
c.       168 cm2
d.      348 cm2



38.  Keliling trapesium samakaki adalah 50 cm. Panjang sisi-sisi yang sejajar 9 cm dan 21 cm. Luas trapesium adalah ….
a.       120 cm2           c.   240 cm2
b.      150 cm2           d.   300 cm2










39.  Perhatikan gambar !
PQRS di samping. Jika PRS = 60°, maka besar PSQ = ….
a.       30°                  
b.      60°      
c.       90°
d.      120°

40.  Diketahui :
A = {persegi}            C = {persegipanjang}
B = {belahketupat}   D = {jajargenjang}
Dari pernyataan-pernyataan berikut :
1.   C B                          3.   B D
2.   A C                         4.   C  D
Yang benar adalah ….
a.       1                      c.   2 dan 4
b.      1, 2 dan 3        d.   2, 3, dan 4


Comments

Popular posts from this blog

Program membuat diskon dalam c#

 Hellow... ketemu lagi... Nie kita mau berbagi contoh pemrograman berbasis objek dalam bahasa C#. Salah satu hal yang baru dalam C# adalah penggunaan Console.Write dengan Console.Writeline. kedua-duanya pada dasarnya sama yaitu meminta menampilkan output pada layar, namun yang membedakan adalah kalo writeline, tulisan yang akan ditampilkan akan diberi jarak satu baris. Bisa juga  penambahan jarak diganti dengan backslash + n (\n) using System; using System.Collections.Generic; using System.Linq; using System.Text; namespace ConsoleApplication5 {     class Program     {         static void Main( string [] args)         {         double t, d, b;         Console .Write( "Total Belanja = " );             t = double .Parse( Console .ReadLine());             if (t < 150000)             {                 d = t * 0 / 100;                 b = t - d;             Console .WriteLine( "Diskon = " + d.ToString());          

ALGORITMA PEMROGRAMAN

Delivered by FeedBurner Minggu, 13 Maret 2011 Pengenalan Algoritma dan Analisa Kasus 1.1            Definisi Algoritma Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang  disusun secara sistematis Sebagai pembanding,disini dikemukakan definisi kata algoritma menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) terbitan Balai Pustaka Tahun 1988 : Algoritma adalah urutan logis pengambilan putusan untuk pemecahan masalah 1.1.1     Struktur Dasar Algoritma Algoritma berisi langkah-langkah penyelesaian suatu masalah. Langkah-langkah tersebut dapat berupa runtunan aksi, pemilihan aksi dan pengulangan aksi. Ketiga jenis langkah tersebut membentuk konstruksi suatu algoritma. Jadi sebuah algoritma dapat dibangun dari tiga buah struktur dasar,yaitu : Runtunan ( Sequence ) Pemilihan ( Selection ) Pengulangan ( Repetition )

Mengajar itu seni (Suka duka cerita menjadi guru les)

Kini aku punya kerja part time baru,   yaitu ngajar les privat anak-anak. Setelah ngajar anak kecil berbagai usia, mulai dari TK, SD, SMP sekarang aku udah lebih kaya pengalaman dalam menangani anak-anak dengan segala problematikanya. Baru pengalaman aja sih, belum ketemu solusinya. Baru deh terasa susahnya jadi ibu guru. Mungkin dulu aku pas kecil juga kayak gitu. Mungkin guruku juga ngerasa kesulitan dalam membimbing aku. Jadi terima kasih ya ibu dan bapak guru. Nah,selain itu, hal itu tentu sangat menguntungkan bagiku, karena kan suatu saat aku juga akan menjadi ibu, so penting banget buatku untuk mulai mengetahui sifat dan karakter anak, jadi aku punya pengalaman dalam mendidik anakku sendiri nantinya. Ternyata masa kanak-kanak adalah masa emas dalam penentuan masa depan anak nantinya. Jadi penting banget bagi para ibu dan keluarga tentunya dalam membangun karakter dan kepribadian anak sejak kecil. Dari masa kanak-kanak itulah nantinya akan terbentuk apakah si anak ini n