Skip to main content

Make ' Working Hard ' as a habbit...



Bekerja keras dan belajar keras adalah buadaya yang harus kita tanamkan


Di zaman modern ini sebagian orang sudah mulai lupa dengan semangat dan perilaku kerja keras. Apalagi anak-anak, mereka mulai mengenal berbagai kemudahan dari kecil sehingga perilaku yang terbentuk dari mereka amat ajauh dari sikap belajar keras khususnya bagi pelajar.
Sejak dari kecil kita sudah dimanjakan dengan berbagai teknologi seperti motor, mobil, alat komunikasi seperti HP, tablet dan playstation membuat kita lupa seperti apa rasanya kerja keras. Apalagi dengan berbagai kemudahan seperti itu, maka anak-anak akan cenderung menghabiskan waktunya untuk bermain game ataupun untuk chatingan via BBM, Whatsapp, Wechat, dan masih banyak lagi. Ketika mereka disuruh untuk berhitung dan tidak bisa mereka akan menggunakan kalkulator dan malas menggunakan otak mereka. Itu adalah simptom yang kini sudah menjadi budaya di Indonesia.
Profesor Yohanes Surya, pemilik Surya University sekaligus sebagai bapak Fisika Indonesia saat diwawancarai apa rahasia dibalik kesuksesannya, maka ia menjawab “kerja keras”. Ia terbiasa kerja keras. DAn saat ditanya, “Apa nasehat kedua orang  tuanya sehingga membuatnya sesukses sekarang ?” Ia menjawab “Kerja keras”. Orang tuanya tidak memberi nasehat apa-apa, namun kedua orang tuanya memberinya contoh nyata bagaimana harus bekerja keras. Ibunya harus bangun jam 3 pagi untuk membuat kue dan ayahnya akan membantu. Sebuah tindakan nyata yang tanpa diucapkan pun akan membuat anaknya berpikir bahwa kedua orang tuanya sangat pekerja keras. Maka dirinya harus bekerja keras dengan caranya sendiri, yaitu dengan belajar keras.
Ia juga bercerita bahwa ketika dia di Amerika dan menempuh pendidika S2 disana, ia sangat pekerja keras. Ia bercerita bahwa ia bisa pulang dari perpustakaan jam 11 malam. Tapi ada seorang anak China yang belum pulang dari perpustakaan. Dan saat ia kembali ke perustakaan besok paginya jam 7 pagi, anak China itu pun sudah berada disana. Hal itu lah yang membuat semangatnya terus terpacu untuk terus bekerja keras. Kalau China aja sebegitu kerja kerasnya, maka ia harus lebih terpacu lagi.
Karena semangat kerja keras Prof. Yo telah terpaku sehingga menjadi kebiasaan dan budayanya, maka ia pun tidak bisa kerja santai-santai. Otaknya sangat sulit untuk diajak bekerja santai. Ia terus bekerja keras karena itu memang sudah kebiasaannya dan ia mengganggap hal otomatis ia lakukan, karena sudah menjadi kebiasaaannya. Saat temannya menegur dan menyuruhnya untuk beristirahat ia menjawab “ Nantilah kalau sudah mati dan dikubur baru istirahat panjang”. Prof Yo beranggapan bahwa selama kita hidup adalah waktu bagi kita untuk bekerja keras dan setelah nanti mati, kesempatan itu akan hilang. Maka manfaatkanlah hidupmu untuk bekerja keras.
Begitu juga dengan Lee Kuan Yew, bapak pendiri Singapore saat memberikan kuliah umum di National University of Singapore. Saat ditanya apa yang harus generasi muda lakukan agar Singapura tetap menjadi negara makmur seperti sekarang ia menjawab :
“Generasi muda Singapura harus memiliki semangatt kerja keras sama seperti yang para bapak dan kakek nenek mereka lakukan”.  Ia mengetahui bahwa rahasia kemajuan bangsa adalah kerja keras yang tanpa henti.
Lee Kuan Yew berandai-andai, jika dulu ia membangun Singapura dengan generasi muda yang sekarang (generasi yang sudah dimanjakan dengan kemudahan) maka ia tidak akan yakin apakah Singapura akan mampu menjadi Singapura yang makmur seperti saat ini. Bapak-ibu dari generasi saat ini pernah merasakan bagaimana rasanya miskin, namun tidak dengan generasi sekarang yang mungkin tidak tau bagaimana rasanya miskin. Dan jika generasi muda Singapura tidak memiliki the same effort dengan apa yang telah di lakukan oleh generasi bapak-ibu mereka terdahulu . Maka Singapura bisa saja kehilangan kejayaannya.
Apalagi anak-anak Indonesia sekarang, sudah dalam keadaan yang mengkhawatirkan. Mereka sangat malas belajar dan lebih suka main game. Selain itu, mereka juga anti dengan yang namanya matematika. Hal ini tentu adalah gejala akut menuju kehancuran bangsa yang harus segera kita sembuhkan. Kini dengan berbagai metode yang menyenangkan, pembelajaran diperkenalkan agar seorang anak menyukai pelajaran. Namun ada saja alasan anak untuk tidak menyukainya dan masih tetap memilih game ataupun ber-selancar via social media. Hal itu tentu harus segera kita ubah. Meskipun dengan harus setengah dipaksakan, generasi muda kita harus kita ajak untuk bekerja keras dan melalui belajar keras.
Kata Prof Yo, untuk menjadi negara maju maka kita harus menguasai teknologi. Dan untuk menguasai teknologi bangsa kita harus melek pada science. Harus mengerti dan memahami matematika dan Fisika. Saat sang pembawa acara bertanya, “Tetapi kan banyak orang yang bisa sukses tanpa belajar matematika?” Maka Prof Yo menjawab “Untuk menjadi negara maju, kita harus menguasai science, itu tidak bisa ditawar lagi karena merupakan  harga mati. Lihat Jepang, Korea Selatan mereka maju karena penguasaan teknologi dan kini China juga tengah menjadi negara maju karena penguasaan teknologi”. Ketika ditelaah, betul juga apa yang dikatakan Prof Yohanes Surya. Karena tanpa memahami teknologi, negara kita hanya akan menjadi penerima teknologi. Dan jika hal itu terjadi, maka semua harta benda negara kita baik dari hasil alam maupun dari berbagai bisnis akan habis untuk membeli teknologi dari negara-negara yang menguasai teknologi, dan jadilah negara kita bangkrut seperti sekarang yang kita hadapi.
Maka dari itu, marilah kita mengajari anak kita untuk bekerja keras dan belajar keras. Tidak cukup hanya dengan mengajari, kita harus memberi contoh dan menjadi role model untuk anak-anak kita agar menjadi generasi yang tangguh dan mampu bersaing di era kompetisi global. Tanpa budaya belajar dan bekerja keras, maka negara kita akan punah di tengah laju gelombang kemajuan zaman. J

Comments

Popular posts from this blog

Program membuat diskon dalam c#

 Hellow... ketemu lagi... Nie kita mau berbagi contoh pemrograman berbasis objek dalam bahasa C#. Salah satu hal yang baru dalam C# adalah penggunaan Console.Write dengan Console.Writeline. kedua-duanya pada dasarnya sama yaitu meminta menampilkan output pada layar, namun yang membedakan adalah kalo writeline, tulisan yang akan ditampilkan akan diberi jarak satu baris. Bisa juga  penambahan jarak diganti dengan backslash + n (\n) using System; using System.Collections.Generic; using System.Linq; using System.Text; namespace ConsoleApplication5 {     class Program     {         static void Main( string [] args)         {         double t, d, b;         Console .Write( "Total Belanja = " );             t = double .Parse( Console .ReadLine());             if (t < 150000)             {                 d = t * 0 / 100;                 b = t - d;             Console .WriteLine( "Diskon = " + d.ToString());          

ALGORITMA PEMROGRAMAN

Delivered by FeedBurner Minggu, 13 Maret 2011 Pengenalan Algoritma dan Analisa Kasus 1.1            Definisi Algoritma Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang  disusun secara sistematis Sebagai pembanding,disini dikemukakan definisi kata algoritma menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) terbitan Balai Pustaka Tahun 1988 : Algoritma adalah urutan logis pengambilan putusan untuk pemecahan masalah 1.1.1     Struktur Dasar Algoritma Algoritma berisi langkah-langkah penyelesaian suatu masalah. Langkah-langkah tersebut dapat berupa runtunan aksi, pemilihan aksi dan pengulangan aksi. Ketiga jenis langkah tersebut membentuk konstruksi suatu algoritma. Jadi sebuah algoritma dapat dibangun dari tiga buah struktur dasar,yaitu : Runtunan ( Sequence ) Pemilihan ( Selection ) Pengulangan ( Repetition )

Mengajar itu seni (Suka duka cerita menjadi guru les)

Kini aku punya kerja part time baru,   yaitu ngajar les privat anak-anak. Setelah ngajar anak kecil berbagai usia, mulai dari TK, SD, SMP sekarang aku udah lebih kaya pengalaman dalam menangani anak-anak dengan segala problematikanya. Baru pengalaman aja sih, belum ketemu solusinya. Baru deh terasa susahnya jadi ibu guru. Mungkin dulu aku pas kecil juga kayak gitu. Mungkin guruku juga ngerasa kesulitan dalam membimbing aku. Jadi terima kasih ya ibu dan bapak guru. Nah,selain itu, hal itu tentu sangat menguntungkan bagiku, karena kan suatu saat aku juga akan menjadi ibu, so penting banget buatku untuk mulai mengetahui sifat dan karakter anak, jadi aku punya pengalaman dalam mendidik anakku sendiri nantinya. Ternyata masa kanak-kanak adalah masa emas dalam penentuan masa depan anak nantinya. Jadi penting banget bagi para ibu dan keluarga tentunya dalam membangun karakter dan kepribadian anak sejak kecil. Dari masa kanak-kanak itulah nantinya akan terbentuk apakah si anak ini n